Seputar Aswaja dan Tanya Jawaban Pendidikan Ke-NU-an
Cerdas Cermat Akademik (CCA) Aswaja XI
1-21
1. Ada tiga sasaran ijtihad aswaja NU sebutkan!
2. Apa yang dimaksud ijtihad aswaja NU?
3. Kata ijtihad artinya apa?
4. Didalam ijtihad ada istinbat, apa itu?
5. Apa bedanya syariah dan fiqh?
6. Bacakah dalil untuk berijtihad!
7. Apa yang dihasilkan ijtihad ulama?
8. Apa ajaran Alussunah waljamaah di bidang fiqh
9. Apa yang Ada ketahui tentang taqlid?
10. Jelaskan tentang i’ttiba?
11. Ada dua sistem mazhab atau pengambilan hukum dalam pembahasan masalah oleh NU, sebutkan mazhab tersebut!
12. Dalam khasanah di NU persoalan aktual disebut al masail al waqiiyyah, apa namanya jika persoalan menyangkut perundang-undangan?
13. Apayang dimaksud ijmk ulama?
14. Berilah contoh amaliyah dari hasil istinbat hukum islam!
15. Sejak kapan zikiran bersuara dalam salat berjamaah?
16. Kenapa mengumandangan salawat setelah azan diperbolehkan?
17. Dengarkan hadis ini dan pahami pesanya. قال صلعم: من اعان على ميت بقرائة وذكر استوجب الله له الجنة (رواه الدارمى والنسائ)
18. Bagaimana sikap istiqamah dan moderat dijalani?
19. Dalam Qs Ali Imran 3:139 dinyatakan larangan bagi mukmin untuk pesimis, kenapa?
20. Apa maksud lafadz “ummatan wasatan” dalam QS Al Baqarah 2:143
25-34
1. Siapakah yang dimaksud mujtahid?
2. Apa yang dimaksud bertaqlid?
3. Apa dasar bertaqlid?
4. Siapakah yang dilarang bertaqlid?
5. Apa pendapat imam Ali Al Khawwash tentang bermazhab?
6. Bertaqlid ada syaratnya, sebutkan! (2)
7. Berilah contoh taqlid yang salah!
8. Taqlid termasuk pengamalan cara beragama, bagaimana pendapat anda?
9. Apa eksesnya jika ijtihad bagi sembarang orang?
39-50
1. Kenapa Sya’ban bulan istimewa?
2. Bacakan amaliyah doa dibulan Sya’ban?
3. Berilah contoh ibadah yang dianjurkan pada bulan Sya’ban
4. Amalan apakah yang dicontohkan nabi pada Syaban?
5. Apa yang Anda ketahui tentang nyadaran?
6. Apa saja amalan Ahlussunah waljamaah terkait malam Nisfu Sa’ban?
7. Apa yang Anda ketahui tentang salat sunah Awwabin?
8. Apaistimewanya malam nisfu Sya’ban dalam HR Ibn Majjah?
9. Apa pendapat imam Syafii terkait malam nisfu Sya’ban?
10. Apa yang dinamakan salat sunat mutlaq?
11. Seperti apakah amaliyah salat nisfu Sa’ban?
55-74
1. Kenapa NU lahir di zaman kolonial?
2. Berilah contoh ormas keagamaan yang memiliki semangat kebangsaan!
3. Kenapa NU disebut ormaskeagamaan yang turut mendirikan NKRI
4. Pada masa penjajahan siapakah NU lahir?
5. Pada 1888 atas politik tanam paksa Belanda terjadilah perlawanan rakyat. Peristawa apakah hal tersebut?
6. Awal abad XX muncul organisasi-organisasi kebangsaan dan keagamaan yang mengusung gerakan kemerdekaan, sebutkan, organisasi yang dimaksud!
7. Pada 1937 NU bersatu dengan organisasi Islam lainya untuk merespon penjajah, apa nama organisasi yang di maksud?
8. Kenapa KH Hasyim Asy’ari dan KH Mahfudz Siddiq dipenjarakan Jepang?
9. Apa tujuan PETA dibentuk?
10. Siapakah nama kaisar Jepang yang menjanjikan kemerdekaan Indonesia?
11. Muktamar ke-15 NU pada 1940 yang dipimpin KH Mahfudz Siddiq mengahasilkan keputusan ….
12. Kapan KH Hasyim As’ari mencetuskan Resolusi Jihad dalam menghadang Inter Cros Sekutu Indo Belanda?
13. Siapakah komandan pasukan Sabilillah yang bertempur melawan sekutu pada perang 10 November?
14. Kenapa NU mampu menjadi kekuatan politik terbesar ke-3nasional pada 1952?
15. Apa keputusan penting NU pada munas alim ulama di Situbondo tahun 1983?
16. Dengarkan dan cermati. Apa pesan hadis ini. انما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق (رواه أحمد)
17. Ada 3 strategi dakwah yang disajikan dalam QS An Nahl 16:125, apa saja?
18. Seperti apa mengamalkan hadis ini, قال رسول الله صلعم: يسروا ولا تعسروا وسكنوا ولا تنفروا (رواه البخاري)
19. Ada 3 pendekatan dakwah kemasyarakatan oleh NU apa saja?
79-88
1. Lembaga di NU yang memiliki tanggung jawab di bidang pendidikan ditangani oleh ….
2. Apa pemikirian Prof KH Ma’ruf Amin, Wapres RI, agar NU bisa berkontribusi secara kuat kepada bangsa dan negara?
3. Sebutkan lajnah yang ada di NU?
4. Dengarkan dan jelaskan maqalah ini, المحافظة على القديم الصاليح والاخظ بالجديد الاصلاح
5. Siapakah tokoh pemprakaarsa berdirinya LP Ma’arif NU pada 1959?
6. Apa yang Anda ketahui tentang Taswirul afkar?
7. Ada tujuh tujuan LP Ma’arif didirikan, sebutkan 2 saja!
8. Apa yang Ada sudah laukan sebagai pelajar yang berhaluan ahlussunah waljamaah?
9. Empat pilar kebangsaan yang harus dijaga dan diperjuangkan selalu, sebutkan!
93-103
1. Apa tujuan tahlil ditradisikan?
2. Tahlil itu apa maskdunya?
3. Bagaimana metode penyegaran atau pembaruan keimanan kita sebagaimana diperintahkan nabi?
4. Pada surat apa dalil amaliyah tahlilan?
5. Dengarkan petikan hadis ini lalu temukan apa pesanya? قال صلعم اقرءوا يس على موتكم (رواه ابو داود)
6. Orang sombong akan hina dan jahannam tempatnya sementara Allah akan mengabulkan doa hambanya. Bagaimana Anda memahami ayat ke-60 Al Ghafir ini?
7. Apa sikap Anda jika ada orang yang tidak mau melakukan atau menyalahkan amaliyah tahlil?
8. Amalan apa yang lestari tak berhenti meski kita sudah mati?
9. Bagaimana tata cara tahlil?
10. Kenapa arwah dikubur perlu ditolong dikirm doa dan sedekah jariyah?
107-116
1. NU dalam melaksanakan kebijakanya diteruskan lembaga-lembaga, dan badan otonom (Banom). Apa saja Banom dalam NU?
2. Ada tiga lajnah yang di gabung pada hasil Muktamar NU ke-33 di Jombang 2015. Apa saja lajnah tersebut?
3. Sebutkan Banom NU yang berbasiskan usia padaanggotanya!
4. Apa saja Banon yang berbasiskan prosesi anggotanya?
5. NU memiliki perangkat strategis organisasi apa bentuknya?
6. Apa fungsi Banom dalm NU?
7. Apa nama organisasi siswa NU ditingkat madrasah/ sekolah?
8. Salah satu sikap yang dikembangkan di NU adalah istiqamah/ konsistensi, apa penjelasanya?
9. Kenapa setiap pelajar NU laik memiliki sikap optimisme?
119-13
1. Sejak kapan istighasah dan mujahadah diamalkan?
2. Bukan sendiri-sendiri, tapi zikir bersama-sama zikir untuk memohon pertolongan kepada Allah, dinamakan….
3. Apa tujuan berzikir?
4. Apa hukumnya zikri secara bersama-sama?
5. Amalan apa yang sangat dibanggakan Allah?
6. Apa artiya istighasah?
7. Bacakan QS Al Anfal 8:9?
8. Kepada siapakah kita meminta syafaat?
9. Apakah istighasah sesuai dengan syariat?
10. Apa saja yang dibaca dalam amaliah istighasah?
11. Simak baik-baik surat dan ayat apa berikut “يا يها الذين آمنو اذكروا الله ذكرا كثيرا وسبحوه بكرةوأصيلا
12. Seperti apakah adab melakukan istighasah
13. Jelaskan apa yang dimaksud “kalimat toyyibah”?
14. Apa saja contoh kalimat toyibah? Sebutkan!
15. Bagaimana cara berzikir atau mujahadah?
16. Apa yang kali pertama dibaca dalam istighasah?
17. Selain kalimat toyyibah apa saja yang dibaca?
18. Contohkan asmaul husna yang dibaca dalam istighasah!
19. Apa hikmahnya melaksanakan zikir/ istighasah?
Kunci Jawaban CCA Aswaja XI
1-21
1. Yaitu masalah aktual, tematik,dan perundangan (Waqiiyah, mauduiyah, dan qanuniyah)
2. Yaitu upaya yang sungguh-sungguh untuk memahami dalil
3. Ijtihad artinya pengerahan segala kemampuan dan tenaga
4. Istinbat adalah proses pengambilan hukum melalui metode-metode yang bersumber dari AlQuran Al Hadis
5. Fiqh merupakan pemahaman dengan jalan ijtihad, syariah merupakan dalil-dalil AlQur’an dan hadis.
6. Dalam HR Bukhari Muslim) sebagai berikut, اذا حكم الحاكم فاجتهد ثم اصاب فله اجران، واذا حكم فاجتهد ثم اخطاء فله اجر.
7. Hasil ijtihad oleh para ulama dinamakan ijma dan qiyas
8. Mengikuti salah satu dari 4 mazhab yaitu Imam Hanafi, Maliki, Syafi’I, dan Hanbali.
9. Yaitu mengambil pendapat orang dan mengikutinya mengikuti.
10. Yaitu mengikuti pendapat orang dan mengetahui dalilnya.
11. Mazhab qauli dan mazhab manhaji
12. Persoalan perundang-undangan tersebut dinamakan al masail al qanuniyah.
13. Yaitu kesepakatan mujtahid di seluruh dunia terkait suatu masalah yaitu setelah wafatnya Rasulullah.
14. Contohnya, zikir bersama setelah salat rawatib, menghadiahkan bacaan Al Qur’an untuk arwah, ahlul kubur
15. Sedari era nabi Muhammad Saw
16. Karena dianjurkan Rasul Muhammad Saw sebagamana dalam HR muslim
17. Allah akan memuliakan mayit tersebut karena mendapati bacaan Al Qur’an
18. Yaitu kita istiqamah dalam beribadah yang sifatnya mahdlah, dan kita moderat dalam beribadah yang sifatnya muamalah.
19. Karena orang beriman berderajat tiggi, tidak lemah dan tidak mudah bersedih
20. Maksudnya adalah umat yang adil dan pilihan
25-34
1. Mujtahid adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan ijtihad
2. Yaitu mengamalkan atau mingikuti pendapat ahli istinbat, mazhab
3. Dasarnya adalah QS An Nahl 16:43, فاسئلوا اهل الذكر انكنتم لا تعلمون
4. Yang dilarang untuk bertaqlid adalah mujtahid
5. Ali Al Khawwash mengatakan mengikuti mazhab itu keharusan, selagi belum bisa mencapai inti syariat, agar tidak tersesat.
6. Yaitu mazhab yang diikuti harus mudawwam, dibukukan dan tidak boleh talfiq,mencampur adukkan mazhab.
7. Taqlid yang semata-mata mengikuti adat nenek moyang. Taqlid kepada orang karena fanatik, merasa paling benar
8. Dengan bertaqli bisa dekat dengan ulama, terhindar dari kerusakan/kesesatan yang membahayakan beragama.
9. Muncul kesombongan, kesesatan, kerusakan dan deligitimasi ulama
39-50
1. Bulan pelaporan amal kepada Allah Swt
2. اللهم بارك لنا في جب وشعبان وبلغنا رمضان
3. Bersedekah, berpuasa, dan salat nisfu Sya’ban
4. Nabi berpuasa sunah lebih banyak dari selain di bulan Sya’ban
5. Yaitu ziarah kubur untuk mendoakan arwah leluhur, guru-guru, ahli kubur lainya
6. Menghidupkan malam nisfu Saban dengan membaca Qs Yasin dan salat sunnah
7. Salat sunnah antara Maghrib dan salat Isya’
8. Allah turun di malam di malam nisfu Syaban mengampuni dosa hambanya yang beriman
9. Menurut imam Syafii, doa hamba akan dikabulkan di lima malam; malam jumat, idul adha, idul fitri, awal Rajab, dan nisfu Sya’ban
10. Sala sunah yang jumlah rekaatnya tiada batasan yang mengikat
11. Salat sendiri-sendiri,zikir baca Qs Yasin tiga kali, memohon panjang umur, dijauhkan dari mara bahaya, kelapangan rizki, kaya hati dan khusnul khotimah
55-74
1. Karena NU sebagai organisasi sosial, kebudayaan dan kegamaan memiliki perjuangan dan cita-cita untuk merdeka dari penjajahan
2. Nahdlatul Ulama (NU), Persis, Muhamadiyah, Walubi, Permabudhi dll
3. NU turut merumuskan dasar dan bentuk negara, Pancasila dan NKRI
4. NU lahir pada masa penjajahan Belanda
5. Pemberontakan petani Banten
6. Budi Utomo, Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan NU
7. Organisasi tersebut ialah Majlis Islam A’ala Indonesia (MIAI)
8. Karena menolak peribadatan kepada kaisar yang diperintahkan Jepang
9. Untuk belajar militer guna memperkuat barisan umat Islam
10. Kaisar Kuaki Kasio
11. Memilih calon presiden, Ir Soekarno dan Muhammad Hatta
12. Pada 22 Oktober 1945
13. KH Masykur
14. NU memiliki wawasan ekonomi, keilmuan, dan kebangsaan sebagaimana telah dirintis dalam organisasi Nahdlatutujjar, dan Nhadalatul watan.
15. NU keluar dari politik praktis P3 dan kembali ke khittah 1926
16. Kita dididik nabi dan hendaknya mampu mewarisinya ahlak yang karimah, memiliki budi pekerti dan keadaban
17. Yaitu menyeru dengan cara bijaksana, pemberian nasehat, dan bedialog yang baik
18. Dakwah dengan pendekatan budaya sebagai mana para wali menyebarkan Islam di Nusantara
19. Yaitu tawasut-i’tidal yaitu moderat yang proporsional, tasamuh atau toleran, dan tawazun atau seimbang
79-88
1. Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU
2. Yakni (1) NU harus optimum dalam gerakan dakwah untuk penguatan aqidah, fikrah dan amaliyah NU, (2) perkuat jalur pendidikan, (3) pelayanan kesehatan, dan (4) memantapkan ekonomi sektor keuangan, pemberdayaan dan jasa.
3. LP Ma’arif NU, RMI, Lakpesdam dll
4. Maqalah tersebut merupakan pedoman agar kita melestarikan hal yang baik di masyarakat dan mengambil tradisi atau budaya yang lebih baik untuk dimanfaatkan dan dikembangkan
5. KH Wachid Hasyim
6. Taswirul afkar didirikan pada 1922 sebagai wadah intelektual santri muda untuk berdiskusi dan pengembangan keilmuan
7. Terwujudnya generasi bangsa yang berakhlak mulia, kompeten, dan unggul. Serta terwujudnya generasi muslim yang berhaluan ahlussunah wal jama’ah anahdiyyah, sikapnya ramah, rahmat, toleran, moderat, dan adil
8. Hormati orang tua dan guru, ramah kepada teman, dan giat dalam belajar bidang agama dan ilmu dunia serta taat beribadah yang wajib pula yang sunnah
9. Yaitu Pancasila, Bhineka Tuggal Ika, NKRI, dan UUD 1945
93-103
1. Mendoakan dan mengirim pahalaagar bacaan tersebut memberi manfaat kepada orang yang meninggal, kepada arwah ahli kubur.
2. Tahil ialah membaca lailahaillahllah, berzikir dengan membaca kalimat toyyibah dll, zikiran secara berjamaah
3. Menyegarkan iman dengan cara memperbanyak membaca tahlil, syahadat tauhid.
4. Ada pada Qs Al Fathir (35:29-30)
5. Nabi memberikan saran untuk membacakan QS Yasin bagi orang yang meninggal dunia.
6. Ayat tersebut memandang tahlil, berzikir, dan berdoa tiadak manfaat apapun kecuali Allah mengabulkan dan meridhai amalan ini.
7. Amaliyah tahlil ijtihad ulama, pewarisnya para nabi. Kita bisa ittiba atau taqlid dalam hal ini. Mereka yang menolak tidak akan mendapatkan apa-apa termasuk jawaban kita. Waktu yang akan memberi tahu mereka atas kebenaran amaliyah tahlil ini.
8. Membaca tawassul, al Fatihah, qulhu, An Nas, Al Falaq, Al Baqarah, Al Ahzab, salawat istighfar, toayyibah, tasbih, dan berdoa.
9. Amalan yang lestari itu ialah, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang solih solihah bagi orang tuanya
10. Ahli kubur senang mendapatkan kiriman dan pertolongan, mereka bahagia dengan kiriman doa dan sedekah jariyah
107-116
1. Muslimat, Fatayat, IPNU, IPPNU, Pagarnusa, PERGUNU, Ansor, JQH, ISNU, Sarbumusi dll
2. LTTNU (Lajnah Ta’lif w an Nasr NU), Lajnah Falakhiyah, dan Lajnah perguruan tinggi
3. Yaitu IPNU-IPPNU, Muslimat, Fatayat, Ansor, dan PMII
4. Jatman, JQH, Isnu, Sarbumusi, PagarNusa, Pergunu, Serikat Nelayan NU, dan Ishari
5. Yaitu Lembaga/lajnah dan Badan otonom (Banom)
6. Sebagai wadah pengkaderan NU. Anggotanya dari pusat, wilayah, cabang, kecamatan/kapanewon hingga ranting dan keluarga.
7. Ikatan Pelajar Putra NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU)
8. Dalam Qs Fusilat 41:30 disebutkan tentang istiqamah tersebut, senantiasa menjaga tauhid, beribadah m beramal salih secara konsisten
9. Setiap pelajar punya modal penting untuk selalu optimisme sebagai mana pinta Allah dalam Qs Ali Imran (3:139) ولا تهنوا ولاتحزنوا وانتم الاعلون انكنتم مؤمنين
119-139
1. Sejak zaman nabi, sahabat, tabit tabiin, hingga era ulama sekarang
2. Istighasah
3. Mendapatkan keberuntungan, sebagaimana yang tertulis dalam QS al Jum’ah 62:10
4. Hukumnya sunah
5. Berzikir secarabersama-sama, istighasah
6. Istighasah artinya minta pertolongan
7. اذ تستغيثون ربكم فاستجاب لكم ….
8. Kepada para nabi, nabi Muhammad Saw
9. Betul, istighasah berdasarkan hasil ijthad ulama, dibolehkan
10. Membaca ayat-ayat AlQur’an,salawat, istghfar, tasbih, tahmid, tahlil, hauqalah dll
11. Itu adalah QS Al Ahzab 33:41-42.
12. Adabnya dengan ikhlas dan sikap yang rendah hati, tadarru, tawadlu’, dan memulainya dengan meminta tolong kepadanabi (tawassul)
13. Kalimat-kalimat yang dibaca dalam zikir
14. Contohnya ialah kalimat tasbih,tahmid, takbir, tahlil, hauqalah, dan istighfar
15. Membaca zikir dengan hati dan lisan, dilafadzkan dengan suara
16. Membaca QS Al Fatihah yang dihadiahkan kepada para nabi, sahabat dlll
17. Membaca nama-nama Allah, asmaul husna
18. يا حييا قيوم برحمتك استغيث
19. Hidup yang bahagia, terarah, dan berkah
Disari dari buku Pendidikan Ke-NU-an dan Aswaja Kelas XI LP Ma’arif NU DIY