• 0811-3201-0001
  • madipoyk@gmail.com
  • Maguwoharjo, Yogyakarta
Berita
Bukan Hanya Pejabat, Murid Juga Perlu Pendidikan Antikorupsi

Bukan Hanya Pejabat, Murid Juga Perlu Pendidikan Antikorupsi

Bagikan berita :

Guru memiliki tanggung jawab melatih siswa-siswi untuk mampu melihat jauh ke depan sekalian menempa diri mereka untuk pandai merespon tuntutan zaman yang sedang berjalan. Penting bagi generasi masa depan mendapatkan pendidikan antikorupsi. Sedari dini siswa-siswi disemai pembudayaan antikorupsi.

Dalam rangka mensyukuri hari ulang tahun (Harlah) ke-dua dan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023, MA Diponegoro Yogyakarta mengadakan serangkaian kegiatan penting. Diantaranya kuliah pendidikan antikorupsi bersama guru MAN 1 Yogyakarta. Murid terdidik dan pejabat terdidik, optimis tahun 2045 Indonesia maju.

Nurokhmah SPd, guru MAN 1 Yogyakarta memberikan kuliah pendidikan antikorupsi bagi siswa-siswi MA Diponegoro Yogyakarta pada Selasa, 17 Oktober 2023 di Sembego Maguwoharjo. Mereka tidak boleh tidak memiliki ilmu dan kepribadian yang mantap agar mampu memberi manfaat optimal kelak kemudian hari sebagai siapapun, ulamakah, pemimpinkah, pengusakan, ataukah seorang profesional.

Kemampuan akademik ditinggikan. Pembentukan akhlak mulia dikokohkan. Diusianya yang ke-2 MA Diponegoro Yogyakarta langsung melakukan penguatan-penguatan dari dalam. Daya juang terus dinyalakan. Komitmen madrasah dengan 9 keunggulan nyalar berproses.

Kuliah pendidikan antikorupsi bersama Nurokhmah SPd berlangsung semarak. Siswa-siswi aktif menyimak. Mereka merespon positif dengan berbagai aneka pertanyaan. Liasion Officer, Afrizka Premana Sari MSi memberikan waktu kepada segenap partisipan untuk bertanya ataupun memberikan perosalan kepada nara sumber.

Ananda Alia Keisha Fawzia, Akbar Arbian Saputra, A Fairuz Rafaellindra, dll tak menyia-nyiakan kesempatan. Mereka menyoal apa bedanya mencuri dengan korupsi. Bilamana ada korupsi ke polisikah kasus dilaporkan, sementara ada kalanya polisi bisa dibeli. Bisakah ke komisi yudisial (KY) misalnya. Ataukah langsung ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)? Demikian poin-poin dari Alia dkk meminta klarifikasi permasalahan korupsi.

Kuliah pendidikan antikorupsi lengkap dan integratif. Siswa-siswi tak hanya mempelajari paparan materi namun mereka juga melakukan secara berjamaah yang dipimpin ananda Muhammad Ihsan Musyaffa membaca ikrar antikorupsi. Berikutnya siswa-siswi memiliki tagihan untuk mengkampanyekan antikorupsi kepada masyarakat dengan surat tempel, plakat dan aksi-aksi nyata perilaku antikorupsi.

Kepada siswa-siswi Nurokhmah SPd mengajak untuk melalukan hal yang bermanfaat sesederhana apapun. Tiada yang sia-sia dihadapan Allah Tuhan Yang Maha Esa. “Jangan khawatir nilai jelek, tetapi khawatirlah jika karakter kita jelek. Nilai bagus karena nyontek bisa jadi tidak berkah untuk mencari kerja atau nafkah”. Demikian guru inovatif  2022 tersebut menuturkan.

Guru PPKn pada MAN 1 Yogyakarta tersebut mengingatkan, dampak korupsi bisa merembet ke mana-mana, menambah kemiskinan dan merusak alam. Negara kehilangan kedaulatan dari pemimpin yang koruptif, termasuk lucutnya kepercayaan warga terhadap negara. Kunci antikorupsi di masyarakat adalah membentengi diri dengan pemahaman agama yang benar dan menghidupkan hati nurani.

Kami berharap siswa-siswi MA Diponegoro berintegritas memiliki sifat diri yang jujur, disiplin, tanggung jawab, mau kerja keras, sederhana, mandiri, adil, pemberani, dan peduli. “Kalian adalah generasi harapan. Bapak ibu guru merestui kalian. Untuk meningkatkan semangat antikorupsi kalian bisa membuat program alturism project seperti yang dilakukan siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta, imbuh penyuluh antikorupsi KPK Jogja tersebut menegaskan.

Perlu diketahui bahwa kuliah antikorupsi merupakan salah satu dari 15 agenda Madrasah Aliyah Diponegoro Festival (MADIPOFEST) sepekan full pada Senin s.d. Ahad, 16 s.d. 22 Oktober 2023 dalam rangka Harlah II MA Diponegoro Yogyakarta dan peringatan HSN.

Kelima belas agenda tersebut yaitu safari tokoh, pembentukan IPNU IPPNU, kuliah pendidikan antikorupsi, lomba kalpataru asrama, eco print competition, singing competition, speech competition, reading corner, pagarisasi asrama putra, workshop lingkungan, talksho Aswaja, bimbtek imam, CCA Aswaja, dan khatami Al Qur’an bil ghoib. Bj 

Bagikan berita :
Ada Pertanyaan,
Silakan WA kami..