• 0811-3201-0001
  • madipoyk@gmail.com
  • Maguwoharjo, Yogyakarta
Berita
Jum’at Excellent Hasilkan Evaluasi Penguatan Budi Pekerti dan Akademik Santri

Jum’at Excellent Hasilkan Evaluasi Penguatan Budi Pekerti dan Akademik Santri

Bagikan berita :

Pertemuan rutin pimpinan MA Diponegoro dilaksanakan setiap Jum’at. Urusan pendidikan sangatlah cepat. Fungsionaris madrasah lazim melakukan koordinasi dan konsolidasi. Pada forum Jum’at Excellent 16 Februari 2024 pertemuan fokus urusan kesiswaan dan KBM.

Jum’at excellent dimulai dengan mujahadah dan istighasah seraya memohon bimbingan dan pertolongan Allah Swt. Hadir dalam forum fungsionaris tersebut Fauzan, Afrizka Premana Sari, Zainal Muttaqin, Risyanto, Rofiq Anwar, dan Cinthiya Zakiyah Arifah.

Departemen Kesiswaan

Pembimbing akhlak dan akademik (PAA) telah berjalan dari November 2023-Februari 2024. Pertemuan pembimbing baru diadakan sekali. Progres pelaksanaan beberapa guru pembimbing telah melakukan penguatan siswa-siswi seraya memetakan peminatan studi lanjut pasca aliyah.

Untuk koordinasi dan konsilidasi PAA perlu diadakan pertemuan dan forum professional learning community (PLC) bisa dimanfaatkan. Program wisuda tahfidz akan dilaksanakan dengan bekerja sama madrasah dengan lembaga pendidikan sertifikasi al-Qur’an (LPSQ)  Diponegoro. Pelaksanaan Nopember-Desember 2024. Penjaringan wisudawan melalui seleksi dengan kategori 1-6 Juz.

Simaan terbuka telah terlaksana, berikutnya akan dilaksanakan pada bulan Maret pekan pertama. Para petugas mengalami pergantian di hari H sebab sakit.  Rapot simaan telah dibuat untuk bahan refleksi dan perbaikan.

Departemen KBM

Prosentasi keaktifan siswa-siswi telah dilaporkan kepada orang tua wali, ada yang memenuhi kriterium 75% kehadiran dalam KBM namun ada yang minus, terutama kelas X yang putra. Guru-guru dapat mensiasati KBM meski banyak waktu untuk kegiatan perlombaan yang cukup menyita jam efektif pembelajaran. Penilaian harian, jurnal pengajaran terkendali.

Pertemuan orang tua wali lancar. Interaksi guru orang tua hangat. Poin bagi madrasah dan juga orang tua dan putra putrinya dalam konsultasi dan penguatan-penguatan. Bapaknya Akbar mendukung anak-anak berubah lebih baik. Beberapak orang tua sangat care terhadap madrasah dan guru, orang tua Taufiq dll.

Kehadiran guru pada PLC hari Selasa mendapat respon positif, partisipasi kehadiran cukup banyak. Program renang diadakan triwulan seklai, kegiatan senam setiap Selasa pagi 2 kali sebulan.

IPPNU-IPNU dilibatkan dalam program pembangunan lingkungan, yakni untuk penguatan akhlak Aswaja melalui implementasi resik, ringkas, rawat, rajin, rapi (5R) dan kegiatan harian pengurangan sampah di madrasah sebagai upaya bimbingan keterampilan hidup warga madrasah bagi segenap guru dan siswa.

Tindak lanjut bedah kurikulum telah dilakukan revisi dokumen untuk bahan konsultasi dan syarat penanda tanganan, pengesahan babon KTSP 2022/2023 dan KOM MA Diponegoro 2023/2024.

Panitia penyusunan cetak biru madrasah diketuai sdr Pinandita Afriwardani. Panitia akan bekerja Februari hingga Juni 2024. Dimulai dari evaluasi, pemetaan kekuatan, pengelolaan dan pemetaan potensi. Berikutnya workshop penyusunan cetak biru dan petan jalan pengembangan pendidikan madrasah, penulisan draft, validasi konsep hingga final draft. Pada Juni 2024 harapanya panitia selesai bekerja.

Tambahan

Madrasah dan pesantren mufakat bekerja sama dalam program Pendidikan dan Pelatihan Santri Berbudaya Unggul (PPSBU) yang dijadwalkan pada Februari-April 2024. Program penguatan pendidikan keasramaan ini diketuai sdr Akif Muhammad.

Penagihan pembayaran orang tua wali masih tersus dalam proses dan tunggakan bertahab terbayarkan, alhamdulillah ada pemasukan untuk operasional dan pemberian bisyarah guru karyawan.

Pertemuan sambangan santri SMP pada Ahad, 17 Februari perlu disambut dengan sosialisasi PPDB MA Diponegoro dengan mengadakan pertemuan khusus orang tua wali santri kelas 9 yang mondok dengan pengasuh pesantren Romo KH Muhammad Syakir Ali MSi agar melanjutkan studinya di SMK atau di MA Diponegoro.

Guna memperbaiki kedisiplinan, porforma dan perilaku santri tata tertib madrasah dan asrama harus dijalankan. Perlu dikeluarkan peraturan kepala madrasah tentang pemakaian baju seragam, peci bagi laki-laki, dan bersepatu. Setiap Senin setelah duha akan diadakan apel di masjid untuk pengarahan, motivasi dan pembinaan siswa-siswi. Bj

Bagikan berita :
Ada Pertanyaan,
Silakan WA kami..