• 0811-3201-0001
  • madipoyk@gmail.com
  • Maguwoharjo, Yogyakarta
Berita
Satu Fase Program Pembelajaran Selesai, Siswa-Siswi Berhak Mendapatkan RDM

Satu Fase Program Pembelajaran Selesai, Siswa-Siswi Berhak Mendapatkan RDM

Bagikan berita :

Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) telah sampai pada enam bulan pertama. Muatan pelajaran semua telah dipelajari. Capaian pembelajaran siswa-siswi penting untuk dilihat. MA Diponegoro Yogyakarta mengadakan penilaian akhir semester (PAS) pada Senin-Jumat, 27 Nov s.d. 8 Des 2023.

Siswa-siswi merespon penuh daya. Tiada pelajaran yang menjadi tagihan kurikulum bagi mereka kecuali semua diberlakukan evaluasi. PAS berlangsung lancar dan terkendali. Kepada siswa-siswi MA Diponegoro Yogyakarta memberlakukan PAS secara lisan dan tulisan. Harapanya dengan bentuk tes tulisan dan lisan tersebut capaian kemampuan bisa terukur keseluruhan kompetensi dan maksimal outcomenya.

Manager kurikulum, Afrizka Premana Sari MSc di ruang kerjanya menuturkan pahwa pelaksanaan PAS diawali dengan review materi selama 4 hari yakni pada 20 sd 24 November dilanjut PAS. Kepada siswa-siswi para guru memanfaatkan betul untuk kesukesan PAS dengan memberikan penguatan dan tips belajar strategic yang efektif.

Kami targetkan siswa-siswi bisa melampaui 80 poin disetiap mata pelajaran. Bagi mereka yang kurang mendapatkan kesempatan program remedial. Guru memastikan siswa-siswi dapat menyerap dengan baik apa yang telah disampaikan dalam setiap pelajaran.

Berkait alokasi PAS setiap mata pelajaran waktunya 100 menit baik utuk tes tulisan pun lisan. Tes tulisan atau penilaian objektif terdiri dari plihan ganda dan esai. Tes lisan atau penilaian langsung, butir soal atau soal praktik dan teknik pelaksananya diserahkan masing-masing guru mata pelajaran.

Serasa dua kali namun hepi. Siswa-siswi mengikuti PAS dengan baik, tiada yang ditakutkan atau memberatkan. Bak talk show di panggung, siswa-siswi diberikan kursi dan kesempatan mengkomunikasipan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan analisis terhadap suatu soal secara langsung.

PAS dengan model lisan dan kompetensi ini lebih mendorong giat belajar siswa-siswi. Hanya saja guru kemudian harus bekerja lebih keras untuk mendisain butir-butir soal PAS agar menyasar seluruh kompetensi sehingga penilaian dapat memotret dengan baik kemajuan dan capaian tujuan pembelajaran pada siswa-siswi.

Fina Salma kelas XI Sains menyampaikan penilaian dua kali dalam setiap pelajaran bagus. Saya jadi mengerti bagaimana manfaatnya budaya membaca dan belajar kelompok. Yang saya prediksi sulit ternyata bisa saya jawab. Semoga hasilnya sesuai harapan. Demikian dara asal Blitar Jawa Timur ini berkisah.

Diky Darmawan kelas XI lebih suka ujian lisan dari pada tes tulis. Ujian lisan bisa langsung menyampaikan jawabanya dan deskriptif. Ujian lisan tidak rumit pertanyaan mudah ditangkap dan dimengerti. Ujian tulis sangat abstrak dan terkadang pertanyaannya atau jawabanya membingungkan. Demikian siswa asal Padang Sumbar tersebut menjelaskan.

Sementara itu Nazah Lutfiana Dewi Kelas X mengaku PAS cukup menguras waktu namun optimis saja dengan penilaian dari bapak ibu guru. Yang penting kita telah berusaha dan menajalani dengan sungguh-sungguh. Demikian ragam pandangan siswa-siswi atas pelaksanaan PAS Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024 MA Diponegoro Yogyakarta.

Panitia PAS Gasal Pinandita Afriwardani SPd MPd mengabarkan bahwa pada Tahun Pelajaran 2023/2024 MA Diponegoro Yogyakarta akan merilis dua model pelaporan hasil belajar siswa dengan rapor digital madrasah (RDM) versi Kurikulum 2013 untuk Kelas XI dan RDM Kurikulum Merdeka untuk Kelas X. bj

Bagikan berita :
Ada Pertanyaan,
Silakan WA kami..