• 0811-3201-0001
  • madipoyk@gmail.com
  • Maguwoharjo, Yogyakarta
Acara
Pidato Resepsi Akreditasi Kepala Madrasah Aliyah Diponegoro 2024

Pidato Resepsi Akreditasi Kepala Madrasah Aliyah Diponegoro 2024


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bismillahi Ar Rahman Ar Rahim. Alhamdulillahirabbil alamin. Wabihinastaínu ála umuriddunya waddin, wasallahhu ala sayyidina ‘Muhammadin waála alihi wasahbihi ajmaín.

Al Mukaram Pengasuh Pontren P. Diponegoro KH Muhammad Syakir Ali
Yang Mulia Asesor BAN-PDM Bapak Fauzan S.Pd., M.Pd.
Yang Mulia Asesor BAN-PDM Bapak Sardiyana, S.Pd., M.A
Yang Kami Hormati Pengawas Madrasah Nur Wahyudin Abdul Azis, M.Pd
Yang Kami Hormati Ketua Komite Bapak KH Jadul Maula
Yang Kami Hormati Wali santri MA Diponegoro
Yang Kami Banggakan yang Kami Cintai Bapak Ibu Guru Karyawan lagi Santri
Segenap tamu undangan, hadirin hadirat sekalian rahimakumullah.

Puji syukur kita panjatkan Kehadirat Allah Tuhan yang Maha Esa. Kepada-Nyalah segala urusan kita memintakan pertolongan. Salawat salam kita haturkan Kepada Baginda Teladan Ummat Manusia sepanjang zaman, Rasulullah Muhammad Saw. Tak lupa salawat keberkahan untuk para sahabatnya dan kita semua selaku ummat dan pengikutnya.

Yang Mulia Bapak Asesor dan Hadirin sekalian. Mohon izin di forum yang berhaarga ini kami sampaikan profil Madrasah Aliyah Diponegoro Sembego Maguwoharjo Depok Sleman D.I. Yogyakarta.


Madrasah Aliyah Diponegoro didirikan oleh Yayasan Pondok Pesantren (Pontren) Pangeran Diponegoro Sembego. Mendapatkan izin operasional dari Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I. Yogyakarta pada 30 Mei 2022. Visi, Mewujudkan madrasah ramah anak yang mampu menciptakan santri unggul, berakhlak mulia, cerdas, terampil, mandiri dan berdaya saing global untuk kemajuan Islam dan cita-cita kemerdekaan.

Madarasah Aliyah Diponegoro memiliki langkah-langkah strategi dan bertindak untuk (1) mewujudkan lingkungan madrasah yang bersih, aman, nyaman, dan ramah anak. (2) Melaksanakan sistem yang berlaku di lembaga pesantren secara optimal, ketat dan bertanggung jawab. (3) Mengembangkan bidang ilmu agama dan menanamkan keimanan dan ketaqwaan melalui pengamalan ajaran agama. (4) Mengembangkan bidang ilmu pengetahuan, dan teknologi berdasarkan minat, bakat dan potensi santri. (5) Membina kemandirian santri melalui pembiasaaan, kewirausahaan, kepemimpinan, dan pengembangan diri.


Didirikanya Madrasah Aliyah Diponegoro bertujuan menyiapkan santri masa depan untuk menjadi (1) ulama yang akan bisa menerangi dan membimbing umat Islam Indonesa dan dunia. (2) Pemimpin yang akan mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara. (3) Pengusaha yang akan memberikan kontribusi maksimal bagi kesejahteraan sesuai cita-cita kemerdekaan. (4) Profesional yang senantiasa menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik, jujur dan amanah.

Sejalan dengan visi madrasah dalam mewujudkan madrasah ramah anak maka kami memfasilitasi siswa dengan guru-guru berkualitas yang sebagian besar sudah menempuh magister S2 bahkan salah satu guru kami merupakan native dari Saudi Arabia. Guru Madrasah Aliyah Diponegoro beragam asal daerahnya. Mereka dari Daerah Istimewa (D.I.) Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Padang dan Bengkulu.


Input santri dari beberapa daerah yang tentu saja mereka memiliki budaya dan adat berbeda-beda. Tercatat anak-anak dari 24 Kabupaten/Kota di Indonesia yang bersekolah di Madrasah Aliyah Diponegoro. Keragaman asal daerah santri mencerminkan kebhinekaan dengan satu tujuan mulia yaitu mereka untuk belajar dan mengaji. Setiap santri baru kami bekali dengan tes psikotes sebagai upaya diagnostic awal karakter santri. Diagnostik sangat penting bagi madrasah dan guru sehingga didapati informasi mengenai potensi bakat minat dan potensi kecerdasan setiap siswa kami.

Hasil psikotes santri baru Madrasah Aliyah Diponegoro untuk modal dan data dengan ditindak lanjuti adanya kebijakan perwalian dari guru sebagai pembimbing akademik atau students advisor untuk membimbing dan memfasilitasi santri agar optimal mengembangkan diri dan berprestasi di kompetensi mereka masing-masing.


Semua santri baik putra maupun putri di Madrasah Aliyah Diponegoro memiliki kesempatan yang sama untuk menunjukkan potensi, bakat dan prestasinya. Di setiap tahun kami selalu kirim duta laomba di lembaga lain. Dampaknya positif, selalu ada prestasi santri yang diperoleh baik di tingkat lokal maupun nasional, salah satunya siswa kami Alia Keisha Fawzia (16) pada tahun 2023 berhasil meraih bronze medal di ajang olimpiade matematika tingkat nasional, KOSSMI di UI Jakarta.

Di Tahun Ajaran 2024/2025 Madrasah Aliyah Diponegoro memiliki 4 rombongan belajar yaitu kelas X, XI, XII MIA dan XII IIS dengan total peserta didik 40 santri. Sesuai dengan arahan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga D.I. Yogyakarta dan Kantor Kementerian Agama D.I. Yogyakarta, Madrasah Aliyah Diponegoro menerapkan Kurikulum Merdeka di kelas X dan XI sedangkan kelas XII masih menggunakan Kurikulum 2013. Guna perbaikan dan peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan, Madrasah Aliyah Diponegoro setiap tahun menggelar review, evaluasi dan uji publik dokumen kurikulum yang kami laksanakan bersama-sama civitas madrasah.


Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar Madrasah Aliyah Diponegoro memuat konsep ramah anak, disiplin positif, inquiry learning, outing class, moderasi beragama, adiwiyata, ramah lingkungan melalui latihan, pendampingan pembiasaan, project pemilihan sampah dan produksi POC, baik di intra, ekstra maupun kokurikuler. Kesulitan santri di bidang akademik dikelola madrasah melalui Program TOP (Talent Optimizing Program). Program TOP merupakan klinik belajar bagi santri cerdas istimewa dan slow learner, santri yang memiliki hambatan-hambatan dalam belajar.

Kegiatan kepemimpinan santri di Madrasah Aliyah Diponegoro diakomodir dalam beragam organisasi santri. Yakni (1) Ikatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU), (2) Dewan Ambalan Pramuka Diponegoro dan Nyi Ageng Serang, (3) Koperasi Siswa Syariah (KSS) dan (4) Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).


Pelaksanaan kurikulum merdeka menggembirakan dan padu. Salah satu Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Álamin (P5P2RA) dengan tema Bangkitlah Jiwa Raganya bagi kelas XI dengan kegiatan siswa studi literasi di Perpustakaan DPAD D.I. Yogyakarta sembari melihat film drama hasil karya santri kelas XII di Ruang Teater Grhatama Pustaka Jln Raya Janti Banguntapan Bantul.

Ragam reportase kegiatan dan dinamika santri senantiasa dikomunikasikan guru dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) internal, Professional Learning Community (PLC). PLC Madrasah Aliyah Diponegoro dilaksanakan setiap 2 pekanan dengan menghadirkan materi hasil rekomendasi tindak lanjut supervisi guru serta progres perkembangan santri secara akademik maupun non akademik. PLC produktif dan banyak berperan meningkatkan kapasitas dan soliditas keguruan. Melalui pelatihan internal dan belajar bersama, PLC nyata membantu guru-guru untuk kreatif dan produktif. Beberapa guru menyusun buku panduan belajar santri, alhamdulillah.

Dalam pada itu, selain di internal aktif, guru-guru Madrasah Aliyah Diponegoro juga aktif dalam forum MGMP di tingkat DIY, bahkan tahun 2022 dan 2023 ada 6 guru kami berksempatan mengikuti pelatihan intensif bahasa Inggris selama enam bulan dan mendapatkan Kredensial World Leraning US Embassy melalui program English Learning Training Teacher (ELTT) di platform NatGeo.

Tak lupa dalam menjaga madrasah ramah anak, Madrasah Aliyah Diponegoro menyelenggarakan diseminasi pelatihan Disiplin Positif (Dispo) dan Bimtek Implementasi kurikulum Merdeka (IKM) dalam rangka menambah kenyamanan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar bagi santri. Bekerjasama dengan komite kenyamanan santri juga disempurnakan dengan adanya kolaborasi Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) dan Tim Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang melibatkan guru, santri serta walisantri.

Program keseharaian bagi santri Madrasah Aliyah Diponegoro; (1) Daily English Convertation. Santri berkomunikasi harian dengan Bahasa Inggris. (2) Academic; Science & Social. Santri dapat memilih jurusan sains atau sosial sesuai minat. (3) Tahfidz & Qiraatul Kutub. Program pesantren adalah Tahfidz dan penguasaan baca kitab kuning. (4) Literacy in English & Bahasa. Mengolah dan memahami informasi melalui membaca dan menulis. (5) IT, Leadership, Entrepreneur. Pengembangan diri meliputi IT, kepemimpinan dan wirausaha.

Kegiatan harian santri Madrasah Aliyah Diponegoro terintegrasi dengan kegiatan pesantren dalam 24 jam. Dini hari bangun tidur dan salat malam jam 03.30 WIB. Salat Subuh, pengajian, life skill, mandi dan sarapan. Apel pagi dan istighasa. Kelas pagi (madrasah), salat Zhuhur dan makan siang dan kelas siang. Salat Ashar, istirahat. Pengajian kitab sore. Salat Maghrib dan diniyah. Salat Isya, tahfidz, makan dan belajar malam. Jam 22.00-03.15 WIB istirahat, tidur.


Di setiap tahunnya program maupun fasilitas sarana dan prasarana Madrasah Aliyah Diponegoro senantiasa berkembang. Tahun 2022-2023 belum punya ruang kelas dan kantor. Operasional madrasah masih menggunakan fasilitas yayasan dengan memakai ruang kelas SMP Diponegoro dan gedung BLK Diponegoro. Hingga akhirnya pada tahun 2024, Madrasah Aliyah Diponegoro dapat beroperasi lebih baik dengan menempati kelas dan kantor baru milik madrasah sendiri.

Operasional madrasah geliat meningkat. Berbekal adanya gedung baru maka menjadi semangat baru bagi seluruh awak madrasah. Fasilitas pendukung mengiringi selaras dengan kebutuhan pembelajaran. Potensi kolaborasi dan relasi kian terbuka. Masjid, gazebo, aula, lapangan, laboratorium, asrama, pusat gizi dll sangat mendukung kegiatan madrasah. Aktivitas kegiatan madrasah bertambah variatif lantaran didukung oleh walisantri serta komite. Tidak sedikit support kerjasama dari berbagai fihak; universitas, instansi kesehatan, bank, organisasi kemasyarakatan dan stakeholder lainnya.


Pembiayaan pendidikan tak terhingga jumlah besaran kebutuhannya. Madrasah Aliyah Diponegoro senantiasa menjaga untuk berdaya dan produktif. Tiga mata pembiayaan madrasah kami klasifikasikan dalam tiga pembiayaan utama. Pembiayaan untuk kesejahteraan guru dan karyawan rutin setiap bulan. Pembiayaan operasional dan produksi penyelenggaraan program kegiatan pendidikan, harian dan bulanan. Dan pembiayaan investatif untuk pengembangan sarana prasarana gedung dan tanah. Sumber pembiayaan Madrasah Aliyah Diponegoro diperoleh dari amal usaha yayasan, masyarakat, kewirausahaan madrasah, bantuan pemerintah dan kemitraan.

Madrasah Aliyah Diponegoro; Transformatif, Cemerlang dan Saleh. Berbagai pertemuan, refleksi, evaluasi dan diskusi intensif guru karyawan warga Madrasah Aliyah Diponegoro, walisantri dan Pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro mengadakan workshop penyusunan blueprint, Cetak Biru Peta Jalan Madrasah Aliyah Diponegoro Tahun 2024-2038. Cetak biru ini akan digunakan sebagai acuan dalam mengawal usaha-usaha pengembangan dan peningkatan mutu penyelenggaraan Madrasah Aliyah Diponegoro menuju madrasah emas untuk memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat sehingga mampu melahirkan santri unggul yang sarat prestasi sebagaimana slogan kami, to be virtuous and outstanding students.


Demikian selayang pandang, informasi singkat penyelenggaraan pendidikan Madrasah Aliyah Diponegoro tahun 2024 terkhusus dalam bidang kinerja pendidik dan kependidikan, kepemimpinan pengelolaan madrasan dan juga gambaran singkat terkait kondisi lingkungan belajar yang dapat kami sampaikan. Banyak kurangnya mohon maaf. Semoga Allah Swt senantiasa menolong dan merahmati kita sekalian. Terimakasih.

Wallahu yaqdli bi hibatiw waafirah lii wa lakum fi darajaatil aakhirah
Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Sembego, 18 Nopember 2024
Fauzan Satyanegara

Bagikan berita :
Ada Pertanyaan,
Silakan WA kami..